Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 Melalui Supervisi Akademik di SMPN 2 Batang Gansal
Abstract
Untuk mengetahui sejauh mana penyerapan Kurikulum 2013 dapat di implementasikan guru-guru di dalam proses belajar mengajar maka perlu dilakukan Penelitian Tindakan Sekolah berupa Supervisi Akademik bagi guru kelas VII yang sudah menggunakan Kurikulum 2013 untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dalam proses pembelajaran. Dan hasilnya masih rendahnya guru yang mampu mengimplementasikan Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran. Melalui penelitian ini diharapkan guru-guru dapat meningkatkan motivasi serta profesionalisme guru terutama dalam pengelolaan pembelajaran (kompetensi pedagogik) pada kurikulum 2013 dapat meningkat dengan baik sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa telah terjadi peningkatan yang signifikan terutama pada pembelajaran Kurikulum 2013 yaitu sudah 73% kompetensi pedagogik guru meningkat dilihat dari penggunaan pendekatan pembelajaran saintifik, merancang pembelajaran dengan baik, memahami peserta didik dan memfasilitasi pembelajaran untuk mengembangkan potensi peserta didik, melaksanakan pembelajaran secara kondusif, dan mengevalusi dengan memberikan soal-soal berpikir tingkat tinggi (HOT’s).