Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Rengat Barat

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan prosedur penelitian pada dua siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Ada beberapa asumsi yang menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa dalam belajar bahasa Inggris Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Rengat Barat tahun Pelajaran 2018/2019 yaitu kurangnya motivasi belajar Bahasa Inggris, dan metode mengajar yang kurang menarik. Untuk itu penelitian ini penulis menggunakan media pembelajaran audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII dalam pelajaran bahasa Inggris. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar bahasa Inggris Siswa kelas XII SMK Negeri 1 Rengat Barat tahun Pelajaran 2018/2019 dengan menggunakan media Audio Visual. Pada pre-test, sebelum diberikan tindakan. Nilai rata -rata diperoleh oleh 57,83. Kemudian dapat dilihat peningkatannya pada siklus I hanya 65,00 dan setelah dilakukan tindakan Pada siklus II naik menjadi 79,50 yang berarti dari pre-tes ke post-tes nilai meningkat 21,67 poin. Pada siklus II semua siswa memperoleh nilai ? 75 (Nilai KKM) dengan predikat keberhasilan baik dan Amat Baik.