Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model Problem Based LearningĀ  untuk meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 12 Gunung Tuleh.penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik di kelas V SD Negeri 12 Gunung Tuleh yang berjumlah 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada siklus I ke siklus II. HasilĀ  pengamatan RPP pada siklus I rata-rata 84,72% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 94,44% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik, dengan presentase peningkatan 09,72 %. Pada hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, nilai rata-rata untuk aspek guru pada siklus I adalah 82,21% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 92,85% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik, dengan presentase peningkatan 10,64%. Pada hasil pengamatan aspek peserta didik pada siklus I, nilai rata-rata 82,21% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 92,85% pada siklus II dengan presentase peningkatan sebesar 10,64%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu pada tema 4 di kelas V SD Negeri 12 Gunung Tuleh.