Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing di Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu siswa menggunakan model Snowball Throwing di kelas IV SD Negeri 03 Sungai Angek Kabupaten Agam. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan 21 siswa kelas IV SD Negeri 03 Kabupaten Agam. Penggunaan model Cooperative Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu, hal ini terlihat dari penilaian aspek RPP di siklus I adalah 75% meningkat pada siklus II menjadi 97,2%. Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I yaitu 77,2% meningkat menjadi 97% pada siklus II dan dari aspek siswa siklus I yaitu 74,88% meningkat menjadi 94,11% pada siklus II, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan yaitu 74,3 menjadi 86,9, serta pada aspek keterampilan memperoleh rata-rata 83,6 menjadi 93,6.