Kontribusi Big Five Personality Terhadap Strategi Presentasi Diri pada Pengguna Instagram
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat kontribusi big five personality terhadap strategi presentasi diri pada pengguna instagram. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 143 orang yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala big five personality (IPIP-BFI) yang terdiri dari 50 aitem dengan reliabilitas masing-masing dimensi dari alat ukur ini yaitu ekstraversion (0,836), agreeableness (0,762), constientiousness (0,811), neuroticism (0,862), dan openness (0,768) dan skala presentasi diri terdiri dari 18 aitem dengan nilai reliabelitas sebesar 0,896. Data diolah dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai p=0,038 (p<0,05) yang berarti bahwa terdapat kontribusi big five personality terhadap strategi presentasi diri pada pengguna instagram.