Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar FBB Dan KPK di Kelas IV SDN Gugus 5 Kecamatan Sutera

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar FPB dan KPK di kelas IV SDN Gugus 5 Kecamatan Sutera. Jenis penelitian yaitu quasi eksperimental type nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik clauster random sampling, dengan hasil kelas sampel terpilih SDN 22 Alai kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperiment. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data digunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar FPB dan KPK di kelas IV SDN Gugus 5 Kecamatan Sutera. Hal ini dibuktikan dengan hasil t-test pada taraf nyata ?=0,05 dan dk=37 diperoleh thitung (3,092) > ttabel (2,026). Hal ini menunjukkan hasil belajar penyajian data kedua kelas berbeda secara signifikan, hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol ditunjukan dari mean kelas eksperimen 77,53 dan kelas kontrol diperoleh mean 65,6.