Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 19 Koto Taratak Kabupaten Pesisir Selatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan gambaran nyata mengenai penggunaan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran tematik terpadu, hambatan dalam penggunaan model Problem Based Learning (PBL),  upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam penggunaan  model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SDN 19 Koto Taratak. Data penelitian ini adalah hasil pengumpulan data tentang penggunaan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 19 Koto Taratak yang diperoleh dari sumber data. Teknik yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu identifikasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan tiga hal berikut, (1) Penggunaan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 19 Koto Taratak, (2) Hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SDN 19 Koto Taratak, (3) Upaya untuk mengatasi hambatan dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SDN 19 Koto Taratak baik dari aspek guru dan siswa.