Peningkatan Hasil Belajar Perkalian dan Pembagian Pecahan Menggunakan Model Problem Based Learning di SDN 04 Pasar Surantih
Abstract
Hasil Belajar peserta didik dalam pembelajaran pecahan di SD masih rendah, untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu model yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar perkalian dan pembagian pecahan menggunakan model PBL di Kelas V SDN 04 Pasar Surantih. Penelitian dilaksanakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V A SDN 04 Pasar Surantih yang berjumlah 22 orang. Hasil penelitian: pengamatan RPP pada siklus I rata-rata 83,33% meningkat menjadi 97,22% pada siklus II. Pada hasil observasi dari aspek guru siklus I rata-rata 73,21% meningkat menjadi 96,42% pada siklus II. Pada hasil observasi dari aspek peserta didik siklus I rata-rata 64,28% meningkat menjadi 92,85% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh 54,54% ketuntasan meningkat menjadi 95,45% ketuntasan pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa model PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran perkalian dan pembagian pecahan di kelas V A SDN 04 Pasar Surantih