Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learnig terhadap Hasil Belajar Kelipatan dan Faktor Bilangan di Kelas IV Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar kelipatan dan faktor bilangan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk quasy eksperiment design. Desain yang digunakan The Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan di SDN 04 Nanggalo dan SDN 05 Nanggalo Kabupaten Pesisir Selatan. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling, yang mana populasi terdiri dari beberapa SD dalam satu Gugus 1 Koto XI Tarusan. Sehingga yang terpilih sebagai kelas sampel adalah IV SDN 05 Nanggalo sebagai kelas kontrol dan IV 04 Nanggalo sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang terdiri dari 15 soal pilihan ganda. Analisis data diambil dari hasil pretest dan posttest peserta didik. Selanjutnya dilakukan analisis data uji normalitas, homogenitas dan dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada hasil belajar peserta didik diperoleh bahwa thitung 4,18 > t tabel 1,67, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar kelipatan dan faktor bilangan di kelas IV SDN Gugus 1 Koto XI Tarusan.