Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakakngi oleh kurang optimalnya pembelajaran tematik terpadu yang mengakibatkan peserta didik kurang memahami materi sehingga berdampak terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Project Based Learning (Pjbl) di Kelas V SD Negeri 04 Sariak Laweh Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian yaitu PTK dengan pendekatan kualitatif dan kuantitataif. Data penelitian berupa hasil pengamatan tes dan non tes. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik di kelas V. Hasil penelitian menunjukan pada RPP siklus I rata-rata 87,42% (B), meningkat pada siklus II menjadi 95,8% (SB). Pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I rata-rata 91,42% (SB), meningkat pada siklus II 98,6%. Aspek peserta didik siklus I rata-rata 88,37% (B), meningkat pada siklus II menjadi 94,4% (SB). Hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata 75,85 (C), dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 91 (SB).