Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Tematik Terpadu di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada tematik terpadu siswa kelas IV SDN Campago Ipuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek adalah guru dan 24 orang peserta didik. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Siklus I dilaksanakan 2x pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1x pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian siklus I pertemuan 1 diperoleh nilai 47,53% (D), siklus I pertemuan 2 diperoleh 70,26% (B), dan siklus II meningkat menjadi 88,52% (B). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan model Problem based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 16 Campago Ipuh.