Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learnng (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD Negeri 12 Gunung Tuleh tahun ajaran 2020/2021.Jenis penelitian ini adalah eksperimen berbentuk Quasi Eksperimental Design jenis Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian dilakukan di kelas V SD Negeri 12 Gunung Tuleh, Kelas VB sebagai kelompok eksperimen dan kelas VA sebagai kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 28 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas V SD Negeri 12 Gunung Tuleh. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t (t-test) dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung = 2,01> tabel = 2,00488. Kemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol, ditunjukkan dari mean kelompok kontrol= 57,07 dan mean yang diperoleh kelompok eksperimen = 64,14.