Pengaruh Model Inkuiri terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besarnya pengaruh penggunaan pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik di Kelas IV SDN Gugus II Tuanku Lareh Atar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, dengan desain True Experimental Design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 07 Atar pada kelas IV sebagai kelas eksperimen dan SDN 08 Atar pada kelas IV sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian yang dilakukan melalui tes tertulis dengan jenis objektif dengan bentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya beda.  Teknik analisis data penelitian ini uji prasyarat uji normalitas dan homogenitass serta uji hipotesis menggunakan uji-t (t-tes) dengan taraf 5% (0,05). Berdasarkan perhitungan uji-t (t-tes) diperoleh thitung sebesar 3,533015 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 0,05 adalah sebesar 2,024394 sehingga thitung > ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar.