Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Kooperatif Tipe Group Investigation di Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pembelajaran tematik terpadu dengan model pembelajaran model Kooperatif tipe Group Investigation di kelas IV SDN 17 Bonjo Alam Kabupaten Agam. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan 25 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukan nilai perencanaan pembelajaran siklus I 82,95% dan meningkat siklus II 95,45%. Hasil pengamatan aspek guru siklus I 83,32% dan meningkat siklus II 94,44%. Hasil pengamatan aspek peserta didik siklus I 83,32% dan meningkat siklus II 94,44%.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar peserta didik dari siklus I yakni 75 (kategori Cukup) menjadi 90 (kategori Amat Baik) pada siklus II Dapat disimpulkan pada penelitian bahwa pembelajaran dengan model Kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan  hasil belajar pembelajaran tematik di Sekolah Dasar.