Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik  terpadu di kelas SDN IV Gugus II Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini  adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperiment design.Penelitian dilakukan di Gugus II Tilatang Kamang Kabupaten Agam.Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik cluster random sampling dengan berdasarkan normalitas dan homogenitas, maka terpilihlah SDN 19 Gadut sebagai kelas eksperimen dan SDN 24 Gadut sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif dalam bentuk tes pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik inferensial dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan t-test, diperoleh thitung= (2,40) > ttabel (1,72) pada taraf signifikan 0,05 .Artinya thitung > ttabel, sehingga H1 diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV sekolah dasar