Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu
Abstract
Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pembelajaran tematik terpadu yang mengakibatkan peserta didik kurang memahami materi sehingga berdampak terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 17 Koto Tangah. Jenis penelitian yaitu PTK dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa hasil pengamatan, tes dan non tes. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas V. Hasil penelitian menunjukkan pada RPP siklus I rata-rata 85% (B), meningkat pada siklus II menjadi 94,4% (SB). Pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I rata-rata 79,6% (C), meningkat pada siklus II menjadi 93,7% (SB). Aspek Peserta didik siklus I rata-rata 76,5% (C) meningkat pada siklus II menjadi 93,7% (SB). Hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata 74,97 (B) dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 88 (A).