Stimulasi Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini melalui Metode Jarimatika
Abstract
Metode jarimatika adalah cara menghitung cepat dan mudah dikerjakan dalam operasi kabataku (kali, bagi, tambah, kurang) dengan menggunakan sepuluh jari tangan. Dalam hal ini peneliti ingin mendeskripsikan hal yang berhubungan dengan penerapan metode jarimatika terhadap kemampuan berhitung anak usia dini. Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa kurangnya kemampuan berhitung pada anak. Hal ini menunjukkan bahwa masih ada anak kesulitan berhitung, mengenal angka, mengurutkan angka, dan membedakan angka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode jarimatika terhadap kemampuan berhitung anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan teknik pengambilan data dari hasil menelaah buku-buku, jurnal, majalah, dan artikel yang berhubungan dengan topik penelitian. Hasil studi literatur penelitian ini yaitu metode jarimatika adalah metode sederhana dan menyenangkan untuk belajar berhitung kabataku (kali, bagi, tambah, kurang) yang menggunakan alat bantu jari-jari tangan dengan cepat dan mudah untuk anak-anak. Dengan ini tujuan pembelajaran bisa tercapai sesuai harapan.