Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Guru terhadap Prestasi Belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja dan motivasi kerja guru mampu memberikan sumbangan pengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. Sampel berjumlah 41 orang guru yang diambil secara purposive sampling yaitu secara undian. Kuesioner digunakan sebagai instrumen pada penelitian ini. Data dianalisis menggunakan SPSS Versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan lingkungan kerja terhadap terhadap prestasi belajar siswa SD di Kecamatan Prabumulih Utara Kota Prabumulih; 2) Ada pengaruh yang signifikan motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar siswa SD di Kecamatan Prabumulih Utara Kota Prabumulih; 3) Ada pengaruh yang signifikan lingkungan kerja dan motivasi kerja guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa SD di Kecamatan Prabumulih Utara Kota Prabumulih; 4) Lingkungan kerja dalam penelitian ini mampu memberikan sumbangan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa SD di Kecamatan Prabumulih Utara Kota Prabumulih sebesar 19,4%; 5) Motivasi kerja guru dalam penelitian ini mampu memberikan sumbangan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa SD di Kecamatan Prabumulih Utara Kota Prabumulih sebesar 36,4%; 6) Lingkungan kerja dan motivasi kerja dalam penelitian ini mampu memberikan sumbangan pengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa SD di Kecamatan Prabumulih Utara Kota Prabumulih sebesar 56,9%, sedangkan sisanya 43,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak disebutkan di dalam penelitian ini