Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Teams Games Tournament pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan model kooperatif tipe Teams Games Tournament di kelas V SDN 06 Cimparuh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiga kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian yaitu: (1) persentase pengamatan RPP pada siklus I 79,15%, meningkat menjadi 100% pada siklus II. (2) Aktivitas guru pada siklus I 80,64%, meningkat menjadi 96,4% pada siklus II. (3) Aktivitas siswa pada siklus I 80,64%, meningkat menjadi 96,4% pada siklus II. Sedangkan dari hasil belajar siswa mendapatkan nilai dengan persentase ketuntasan 70% dengan kategori cukup (C) meningkat menjadi kategori sangat baik (dengan persentase ketuntasan 95% kategori sangat baik) pada siklus II.