PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAZE TRAP GAME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM AS-SHOFA KOTA PEKANBARU

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran maze trap game yang valid untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang digunakan oleh Sugiyono. Pada penelitian ini peneliti hanya menggunakan 6 (enam) tahap yaitu mengetahui masalah dan potensi, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan pembuatan produk. Pada tahap selanjutnya tidak dilakukan karena mengingat keterbatasan biaya dan waktu akibat Covid-19. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dimana angket tersebut divalidasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli pendidik. Jenis data yang dihasilkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis validasi dari ahli materi mendapatkan persentase 93.33% dengan kriteria sangat valid, hasil analisis validasi dari ahli media mendapatkan persentase 82.67% dengan kriteria sangat valid, dan hasil analisis validasi oleh ahli pendidik mendapatkan persentase 94.64% dengan kategori sangat valid, serta hasil penilaian dalam uji coba terbatas mendapatkan persentase 89.28% dengan kategori sangat valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran maze trap game untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun telah memenuhi kriteria kevalidan.