ANALISIS METODE PEMBELAJARAN EFEKTIF DI ERA NEW NORMAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pembelajaran efektif di era new normal pada Madrasaha Aliyah Negeri 1 Probolinggo. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif deskriftif. Pengumpulan data dilakukan dengan data primer dan sekunder. Data primer diambil melalui wawancara mendalam yang dilakukan secara virtual. Sedangkan data sekunder diambil melalui dokumen dan perangkat pembelajaran seperti RPP. Sampel yang digunakan adalah 30 siswa dan 6 guru yang diambil secara purposif dengan asumsi bahwa responden tersebut sudah mewakili keseluruhan siswa dan guru dari kelas X, XI,dan XII. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa guru dapat menggunakan metode blended learning sebagai opsi dalam pembelajaran di era new normal. Dan tidak menutup kemungkinan metode daring, luring dan project based learning dapat dilaksanakan secara maksimal sesuai dengan situasi dan kondisi. Penggunaan metode pembelajaran yang tetap akan memberikan permbelajaran yang efektif.