KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR DALAM PERSPEKTIF SEKOLAHNYA MANUSIA DARI MUNIF CHATIB

Abstract

Seiring dengan semakin dewasanya negeri ini, pendidikan pun selalu berbenah ke arah yang lebih baik, beberapa waktu yang lalu, Mendikbud Nadiem Makarim menelurkan kebijakan baru bagi dunia pendidikan di Indonesia, yang disebutnya sebagai gebrakan merdeka belajar. Gebrakan ini menawarkan konsep pendidikan yang sangat ideal dimana guru maupun siswa dipandang sebagai subjek dalam proses pembelajaran dimana keduanya dapat saling bersinergi. Tulisan ini membahas komponen-komponen kebijakan merdeka belajar dan juga tujuan tujuan dibalik munculnya kebijakan ini. Selain itu, tulisan ini juga menyandingkan konsep merdeka belajar ini dengan konsep sekolahnya manusia yang lebih dahulu dikenal. Tulisan ini menunjukkan bahwa pendidikan di Indonesia sudah mengarah pada konsep pendidikan yang memanusiakan manusia. Siswa tidak lagi dipandang sebagai individu yang perkembangan belajarnya selama beberapa tahun hanya diukur dengan rangkaian-rangkaian tes terstandar yang tidak mengukur sampai ke tahap berpikir yang tinggi. Selain itu, pendidikan juga sudah beranjak dari sistem pengkastaan berdasarkan favorit atau tidak favoritnya lembaga pendidikan.