PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 007 PULAU LAWAS
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri 007 Pulau Lawas. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 14 orang, dengan jumlah laki-laki 6 orang, dan siswa perempuan berjumlah 8 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada kelas V SD Negeri 007 Pulau Lawas. Pada siklus I hasil keterampilan berbicara siswa tergolong kurang dengan persentase 50%. Selanjutnya pada siklus II dengan persentase 92.85% dengan katagori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan menggunakan media gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 007 Pulau Lawas Tahun ajaran 2020/2021.