PENGEMBANGAN MEDIA TRACKBALL UNTUK KEMAMPUAN MENGENAL GRAFIK ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran Trackball untuk meningkatkan kemampuan mengenal grafik anak usia 5-6 tahun yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan model pengembangan yang digunakan menurut Sugiyono. Pada penelitian ini, peneliti hanya melakukan 6 tahap yaitu mengetahui masalah atau potensi, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan pembuatan produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Angket digunakan saat melakukan validasi ahli materi, ahli media, dan ahli pendidik. Rata- rata penilaian validator ahli materi sebesar 91,43 % dengan tingkat validitas sangat valid, kemudian rata-rata penilaian ahli media sebesar 95% dengan tingkat validitas sangat valid dan kemudian hasil rata rata penilaian ahli pendidik sebesar 95,4% dengan tingkat validitas sangat valid.