Implementasi Metode Pembelajaran Student Centered Learning (SCL) pada Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Ibu Nifas di STIKes Maharani Malang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran Student Centered Learning (SCL) pada mata kuliah asuhan kebidanan ibu nifas di program studi kebidanan STIKes Maharani Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Keabsahan data dalam penelitian menggunakan tehnik triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan pembelajaran disusun RPS (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), dalam tahap pelaksanaan proses pembelajaran sudah diterapkan sesuai dengan silabus dan metode yang digunakan dalam pembelajaran asuhan kebidanan ibu nifas adalah menggunakan metode ceramah (CTJ) untuk menjelaskan materi konsep dasar dan menerapkan metode pembelajaran Student Centered Learning (SCL) seperti metode Small Group Discussion, Role play, Problem Based Learning dan demonstrasi. Pada tahap evaluasi pembelajaran dilakukan penilaian dalam bentuk tes tertulis, penilaian praktikum dan penilaian penugasan. Dengan menerapkan metode pembelajaran Student Centered Learning (SCL) mahasiswa lebih aktif dan mandiri dalam mengikuti proses belajar mengajar baik di kelas maupun di laboratorium dan hasil prestasi akademik mahasiswa rata-rata baik dengan mendapatkan nilai dalam kategori A dan B. Secara teknis tidak ditemukan kendala dalam pelaksanaan penerapan metode pembelajaran Student Centered Learning (SCL). Kata Kunci: Implementasi, Metode Student Centered Learning, Asuhan Ibu Nifas