Manajemen Pondok Pesantren di Indonesia dalam Perspektif Pendidikan Islam Era Modern
Abstract
This research describes the management of the development of Islamic boarding schools in the modern era. It begins with identifying and analyzing the historical dynamics of the development of Islamic boarding schools in order to be able to develop an appropriate education system to be applied to modern Islamic boarding schools. It should be done to find out the right strategy to be applied to Islamic boarding schools in order to increase its existence as an Islamic educational institution in current conditions that have changed in a modern way. In this research, the method used is a qualitative method by conducting a study based on document analysis. The author collects, identifies, analyzes, and synthesizes the data obtained, then makes interpretations of policies, concepts, and events. The analysis used is policy analysis, which is a form of analyzing various documents related to a policy in the management of Islamic boarding schools. Penelitian ini menggambarkan tentang manajemen pengembangan pondok pesantren di era modern. Diawali dengan mengidentifikasi dan menganalisis dinamika sejarah perkembangan pondok pesantren untuk dapat mengembangkan sistem pendidikan yang tepat untuk diterapkan pada pondok pesantren yang modern. Hal ini dilakukan untuk dapat mengetahui strategi yang tepat untuk diterapkan pada pondok pesantren supaya dapat meningkatkan eksistensinya sebagai lembaga pendidikan Islam di kondisi lingkungan yang telah berubah secara modern. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan melakukan pengkajian yang berdasar analisis dokumen. Penulis mengumpulkan, melakukan identifikasi, melakukan analisis, serta mengadakan sintesis terhadap data yang didapat, kemudian melakukan interpretasi terhadap kebijakan, konsep, serta peristiwa. Analisis yang dipakai yaitu analisis kebijakan yang merupakan bentuk menganalisis berbagai dokumen yang berkaitan dengan suatu kebijakan di bidang manajemen pondok pesantren.