MANAJEMEN E-LEARNING MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN IMAM BONJOL PADANG SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena E-learning dilaksanakan secara tiba-tiba tanpa direncanakan dari awal oleh pihak fakultas. Berbagai respon dari dosen dan mahasiswa muncul. Oleh karena itu diperlukan penelitian untuk mengetahui manajemen perkuliahan online yang terdapat pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah wawancara yang mendalam dan studi dokumen.Sementara sumber data ialah wakil dekan bidang akademik, ketua/sekretaris prodi dan dosen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-learning dilaksanakan untuk mengganti perkuliahan konvensional guna mencegah Covid-19, dilaksanakan pada jadwal yang telah ditetapkan dengan menggunakan group WhatsApp, Zoom, Google Classroom, Facebook. E-learning yang dilaksanakan berupa fasilitated E-learning. Dosen selalu mendapat arahan dari pimpinan. Adapun yang menjadi kendala dalam proses pembelajaran daring ialah mahasiswa kesulitan dalam memperoleh jaringan.  Untuk pengevaluasiannya, setiap dosen harus melaporkan E-learning yang dilaksankan kepada pimpinan.