KEPEMIMPINAN DAN GENDER DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Abstract

Kepemimpinan saat ini harus dibangun sejak dini melalui berbagai upaya kaderisasi dan pembinaan berkesinambungan. Pola kepemimpinan seperti ini dimulai dengan ide dan cita-cita mengembangkan kemampuan diri dalam lingkup kecil sebelum berkembang ke lingkup luas dalam suatu organisasi. Pemimpin biasanya memiliki perbedaan khusus dari individu lain baik pemimpin laki-laki atau perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis semua hal yang terkait dengan kepemimpinan dan gender dalam lembaga pendidikan Islam. Metode yang digunakan adalah metode studi pustaka (library research). Metode ini peneliti menggunakan berbagai sumber bacaan berupa buku-buku atau jurnal yang sesuai dan terkait dengan judul penelitian.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan diartikan sebagai kemampuan untuk mempengaruhi  dan menggerakkan orang lain, serta kesetaraan gender dalam memimpin di lembaga pendidikan bukanlah hal yang dianggap tabu. Sehingga,  pemimpin bisa berperan baik laki-laki ataupun perempuan asalkan memiliki kemampuan yang mumpuni  untuk menjadi seorang pemimpin.