FASILITAS BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 6 KOTA PADANG

Abstract

MTsN 6 Kota Padang memiliki fasilitas belajar yang cukup memadai untuk menunjang prestasi belajar namun belum dimanfaatkan secara semaksimal mungkin oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 6 Kota Padang. Penelitian mengunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di MTsN  6 Kota Padang dengan jumlah 505 orang dan jumlah sampel 83 orang yang di ambil dengan penggunaan random sampling. Penelitian ini mengunakan kuesioner atau angket sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Fasilitas belajar di MTsN 6 Kota Padang di kategorikan sedang dengan persentase 30,12%. (2) Prestasi belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 6 Kota Padang dikategorikan tinggi dengan persentase 32,53%. (3) Berdasarkan nilai Koefisien Kolerasi “r” Product Moment dari pengolahan data penelitian diperoleh r xy (0,470) lebih besar dari r tabel (0,283) pada taraf signifikan 5% maka berarti terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar, dimana semakin tinggi dimanfaatkan fasilitas belajar maka semakin tinggi prestasi belajar peserta didik kelas VIII di MTsN  6 Kota Padang.