HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 4 BAYANG

Abstract

Disiplin merupakan perilaku yang taat dan patuh pada peraturan, artinya jika seseorang berprilaku disiplin, maka ia akan memperlihatkan tingkahlaku yang sesuai dan patuh pada aturan-aturan yang berlaku di masyarkat. Peserta didik dituntut untuk disiplin dalam belajar, agar dia mampu melaksanakan pembelajaran dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hipotesis bahwa ada hubungan signifikan antara lingkungan sekolah dengan kedisiplinan belajar peserta didik di SMPN 4 Bayang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik SMPN 4 Bayang yang berjumlah 83 peserta didik dengan memakai teknik total sampling. Instrument yang digunakan yaitu angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan SPSS Versi 20 dan untuk melihat hubungan antara kedua variabel digunakan statistic parametric yaitu pearson correlation product moment. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Lingkungan sekolah peserta didik di SMPN 4 Bayang berada pada kategori cukup baik, (2) Kedisiplinan Belajar peserta didik di SMPN 4 Bayang pada kategori cukup baik, (3) dari hasil pengolahan data di dapatkan bahwa r xy = 0,765 lebih besar dari r tabel untuk signifikan 1% = 0,283 dan untuk signifikan 5% = 0,217 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Pada koefisien korelasi menunjukkan arah korelasi yang positif, artinya terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah dengan kedisiplinan belajar peserta didik di SMPN 4 Bayang.