PELAYANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MTsN 3 PESISIR SELATAN

Abstract

Permasalahan di lapangan terlihat masih banyak peserta didik yang mendapatkan nilai rendah, kurang memperhatikan penjelasan guru dengan baik, tidak mengerjakan tugas-tugas,  serta kurang lengkapnya catatan yang mereka miliki, bahkan ada yang berani tidak masuk kelas saat proses belajar mengajar berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas VII di MTsN 3 Pesisir Selatan. Menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan apa adanya tentang pelayanan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas VII di MTsN 3 Pesisir Selatan. Sumber data ditentukan secara purposive sampling. Alat pengumpul data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling individual, konseling kelompok dan layanan penguasaan konten yang dilakukan guru bimbingan dan konseling dapat mengatasi kesulitan belajar peserta didik walaupun masih terdapat beberapa kekurangan. Pelayanan tersebut dilakukan dengan menggunakan pendekatan religius, metodenya memberikan layanan dengan format klasikal,  format kelompok dan format individual. Keberhasilan layanan tersebut dapat terlihat dari perubahan yang terjadi pada peserta didik. Peserta didik terlihat lebih aktif dalam belajar, berkonsentrasi dalam belajar, bisa memahami pelajaran yang diberikan terutama pada mata pelajaran SKI, Bahasa Inggris, PKN dan IPS.