EFEKTIVITAS PENERAPAN INTERNET MARKETING 4.0 TERHADAP PEMESANAN TIKET TRAVEL PEKANBARU DURI DUMAI

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di PT. Jasa Mulya Trans Gemilang, perusahaan yang bergerak dibidang layanan jasa transportasi antar jemput alamat dengan rute pekanbaru duri dumai. PT. Jasa Mulya Trans Gemilang memiliki dua buah website yang cukup baik di search engine Google, Bing dan Yahoo. PT. Jasa Mulya Trans Gemilang juga melakukan Promosi Iklan melalui Media Sosial dan Iklan Berbayar Google Ads yang sudah berjalan cukup lama.  Dan sampai saat penelitian ini dilakukan belum ada pengukuran seberapa baik tingkat Efektivitas Internet Marketing yang telah berjalan di PT. Jasa Mulya Trans Gemilang. Pengukuran Efektivitas Sebuah Program Internet Marketing sangat diperlukan untuk bahan pertimbangan dan strategi promosi yang dapat dilakukan untuk kedepanya oleh perusahaan. Dan untuk mengukur sebuah Efektivitas Pemanfaatan Internet Marketing salah satunya dapat memanfaatkan Model EPIC. Pada Model EPIC terdapat empat Variabel yang diteliti untuk mengukur efektivitas yaitu Empathy, Persuasion, Impact dan Communication. Responden dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Pekanbaru dan sekitarnya yang memesan tiket travel dengan tujuan daerah Duri sekitarnya, dan Kota Dumai. Setelah dilaksanakan penelitian ini maka didapatkan hasil yang membuktikan bahwa tingkat efektivitas Penerapan Internet Marketing terhadap pemesanan tiket travel Pekanbaru Duri Dumai yang diukur dalam  empat Dimensi EPIC yang masing-masing bernilai sebagai berikut; emphaty bernilai 4,09, persuasion bernilai 4,11, impact bernilai 3,88, dan communication bernilai 3,99. Dari keempat Dimensi EPIC tersebut maka didapatkan hasil rata-rata Model EPIC atau EPICrate 4,02 yang dapat di interpretasikan pada skala efektif, Artinya dalam penelitian ini, Penerepaan Internet Marketing di PT. Jasa Mulya Trans Gemilang melalui internet yang terdiri dari Website, Media Sosial dan Google Ads dapat dinyatakan Efektif.