Analisis Pengaruh Supervisi dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 1 Bekasi Tahun Ajaran 2016/2017

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi secara faktual dan konseptual tentang pengaruh supervisi dan kompetensi terhadap kinerja guru. Teknik yang digunakan adalah teknik observasi atau survey dengan menggunakan daftar pertanyaan (kuesioner) terhadap guru SMP Negeri 1 Bekasi. Daftar pertanyaan dibuat secara terstruktur dengan menggunakan Skala Likert. Sampel yang diambil sebanyak 32 responden. Hasil survey dan hasil pengolahan data yang dilakukan dengan SPSS. 19.0 diperoleh hasilhasil penelitian sebagai berikut: (1) Secara simultan supervisi dan kompetensi berpengaruh positif, relatif kuat dan signifikan terhadap Kinerja guru SMP Negeri 1 Bekasi. Hal tersebut ditunjukkan dengan perolehan R-Square sebesar 68%. Kemudian, secara parsial supervisi berpengaruh positif, relatif cukup kuat dan signifikan terhadap kinerja guru pada SMP Negeri 1 Bekasi. Hal tersebut ditunjukkan dengan perolehan R-Square sebesar 55%. (2) Secara parsial kompetensi berpengaruh positif, relatif kuat dan signifikan terhadap kinerja guru pada SMP Negeri 1 Bekasi. Hal tersebut ditunjukkan dengan perolehan R-Square sebesar 62% Abstract: This study aims to obtain factual and conceptual information about integration and teacher performance. The technique used is a survey technique using a list of questions (questionnaires) for teachers of SMP Negeri 1 Bekasi. A list of comments is made using a Likert Scale. A sample of 32 respondents. Survey results and data processing results are carried out with SPSS. 19.0 get search results as follows: (1) Simultaneously supervision and positive competence, are relatively strong and significant towards the performance of teachers of SMP Negeri 1 Bekasi. This was recorded with the acquisition of R-Square by 68%. Then, partially positive supervision, relatively strong and significant towards the performance of teachers in SMP Negeri 1 Bekasi. This is by using R-Square by 55%. (2) Partially positive competence, relatively strong and significant to the performance of teachers in SMP Negeri 1 Bekasi. This is by using R-Square by 62% Keywords: Supervision, Competence, Teacher Performance