Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Siswa dalam Belajar Senam Kebugaran Jasmani

Abstract

Abstrak Peneiltian ini merupakan penelitian experiment yang meneliti tentang penggunaan media pembelajaran menggunakan Media Audio Visual yang digunakan sebagai alat bantu pembelajaran semam kebugaran jasmani. Identifikasi penelitian ini terdiri dari pelaksanaan kegiatan senam, dukungan Kepala Sekolah, Motivasi Siswa, Sarana dan prasarana, Dukungan Wali Murid. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Senam Kesegaran Jasmani di Sekolah Dasar Negeri 2 Sukaharja Telukjambe Timur dilihat dari sudut motivasi siswa dan kesediaan sarana dan prasarana. sampel adalah kelas IV dan V yang berjumlah 40 orang, dengan alasan lebih efektif. Teknik pengambilan sampel adalah secara Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor tes awal dari instrument penggunaan media audio visual terhadap motivasi siswa dalam belajar senam kebugaran jasmani pada kelompok eksperimen sebesar = 15,53 dengan simpangan baku = 1,505. Tes akhir menunjukan bahwa rata-rata skor tes awal motivasi siswa dari pembelajaran menggunakan media audio Visual pada kelompok eksperimen sebesar = 22,33 dengan simpangan baku = 3,18. Hasil Pengujian Normalitas Lilliefors diketahui bahwa Nilai L dari daftar = 0.220. Sedangkan nilai Lo kelompok perlakuan dengan menggunakan audio visual tes awal = 0.1128 dan tes akhir = 0.1287. Penghitungan dan uji signifikansi peningkatan hasil belajar kelompok eksperiment dilakukan dengan menggunakan uji signifikansi kesamaan dua rata-rata tes awal dan tes akhir uji satu pihak yaitu uji t. Dari hasil pengujian tersebut diperoleh bahwa t hitung kelompok eksperimen = 9.933 yang lebih besar dari t-tabel pada tingkat kepercayaan atau taraf signifikansi a= 0,05 dengan dk (n1 – 1) = 2, harga t (0,975) dari daftar distribusi t diperoleh. Kriteria pengujian adalah, terima Ho jika t < t1-a. Kesimpulannya adalah belajar dengan menggunakan media audio visual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajaran SenamKebugaran Jasmani. Abstract: This research is an experimental research that examines the use of learning media using Audio Visual Media which is used as a physical fitness learning aid. The identification of this study consisted of the implementation of gymnastics activities, the support of the Principal, Student Motivation, Facilities and infrastructure, Support of the Guardian Students. The purpose of this study was to find out how the implementation of Gymnastics for Physical Fitness in Sukaharja 2 Elementary School in East Telukjambe was seen in terms of student motivation and availability of facilities and infrastructure. the sample is class IV and V which amount to 40 people, with reasons more effective. The sampling technique is purposive sampling. The results showed that the average initial test score of the instrument using audio-visual media on student motivation in learning physical fitness exercises in the experimental group was = 15.53 with standard deviation = 1.505. The final test showed that the average initial test score of students' motivation from learning using audio visual media in the experimental group was = 22.33 with a standard deviation = 3.18. The Lilliefors Normality Test results show that the L value of list = 0.220. While the Lo value of the treatment group using the initial audio visual test = 0.1128 and the final test = 0.1287. The calculation and significance test of the increase in experimental group learning outcomes was conducted using the test of the similarity significance of the two initial test averages and the one-party final test, namely the t test. From the results of the test it was found that the experimental group t count = 9,933 which is greater than t-table at the level of confidence or significance level = 0.05 with dk (n1 - 1) = 2, price t (0,975) from the distribution list t obtained. The test criteria is, accept Ho if t <t1-. The conclusion is that learning by using audio visual media has a significant influence on improving the results of Physical Fitness Gymnastic learning. Keywords: Fitness gymnastics, learning motivation, audio visualmedia