Analisis Implementasi Prinsip Bisnis Ala Rasullulah Oleh Groceries Stall Di Pasar Sentral Kota Kendari

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di pasar sentral Kota Kendari, dengan obyek penelitian groceries stall yang melakukan aktivitas berdagang di pasar sentral Kota Kendari, adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana penerapan prinsip bisnis islam yang dilakukan groceries stall di pasar sentral Kota Kendari dengan menggunakan sampel sebnyak 21 responden dari 38 groceries stall yang di tentukan dengan sensus dan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan mengguanakan alat nalisis tabulasi silang. Data primer diperoleh melalui wawancara kepada responden dan dan data skunder dari kantor Walikota Kendari. Ruang lingkup penelitian ini adalah implementasi prisip bisnis islam ala Rasulullah. Berdasarka hasil penelitian dan analisis menunjukan bahwa rata-rata 88,12 % groceries stall di pasar sentral Kota Kendari telah menerapkan kelima prinsip bisnis Islam ala Rasulullah, yakni (1) mancapai kepuasan dan keuntungan secara halal; (2) Jujur dan transparan; (3) memperlakukan tenaga kerja sebagai mitra; (4) menghindari sistim Ribawi. Responden dengan persentase tertinggi adalah 100% yakni memperlakukan tenaga kerja sebagai mitra, sedangkan responden dengan persentase terendah adalah 80,5% jujur dan transparan dalam berniaga.