How Educational Practices Influence Students’ Motivation in Learning Foreign Languages

Abstract

AbstrakMotivasi adalah keinginan untuk mencapai tujuan. Motivasi merupakan hal yang penting dalam proses pengajaran dan pembelajaran bahasa asing. Tanpa kehadirannya, sulit bagi para guru/ dosen untuk membuat siswa mereka mencapai kompetensi yang diharapkan.oleh karena itu, penelitian yang berkaitan dengan motivasi siswa dalam mempelajari bahasa asing harus dilakukan untuk mendukung kesuksesan pembelajaran bahasa asing. Seperti kita ketahui, banyak factor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam mempelajari bahasa asing. Salah satunya, yang masih jarang dieksplorasi, adalah pada praktik-praktik pendidikan. Artikel ini mendiskusikan bagaimana praktik-praktik pendidikan seperti kurikulum, kualitas pengajar, dan asesmen (penilaian) mempengaruhi motivasi siswa. Dari pembahasan, kita dapat mengetahui bahwa, untuk menjadikan siswa termotivasi, kurikulum harus dibuat menantang tapi jangan terlalu sulit ataupun terlalu mudah, kualitas guru harus memenuhi harapan mereka dan selalu meningkatkan kualitas diri, dan asesmen tidak boleh hanya fokus pada kognitif._____________________Kata kunci: motivasi, praktik pendidikan, bahasa asing, siswa  AbstractMotivation is the desire to attain goals. It is an important thing to be concerned in teaching and learning a foreign language. With its absence among students, it is hard for faculties to make their students reach the competences. Therefore, researches related to students’ motivation in learning foreign languages should be done to support the success of foreign language learning. As we know, many factors influencing students’ motivation in learning a foreign language. One of those, which is not explored frequently, is on the educational practices. This article discusses how educational practices such as the curriculum, the quality of teachers, and the assessment give influences to students’ motivation. From the discussion, we know that, to make students motivated, the curriculum should be challenging but not either too difficult or too easy; the teachers’ quality should meet their expectation and be upgraded; and the assessment should not be focused on cognitive only._____________________Keywords: motivation, educational practice, foreign language, students