Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Quantum terhadap Interaksi Edukatif dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bengkalis
Abstract
AbstrakBerdasarkan observasi pendahuluan didapati bahwa strategi pembelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bengkalis bersifat tradisional dan kaku, sehingga peserta didik hanya mendengar, melihat, dan menulis apa yang diperintahkan oleh guru di depan kelas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang pengaruh penerapan strategi pembelajaran quantum terhadap interaksi edukatif dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bengkalis. Jenis penelitian yang digunakan yaitu desain quasi eksperimental pre-test dan post test control group. Subjeknya adalah semua peserta didik yang ada pada kelas VII E dan VII F. Strategi pembelajaran quantum digunakan pada kelompok eksperimen (n = 32), sementara kelompok kontrol (n = 32) menggunakan strategi pembelajaran non quantum. Berdasarkan hasil uji paired sample statistics, didapati hasil bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penerapan strategi pembelajaran quantum interaksi edukatif dan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan strategi pembelajaran quantum pada kelompok kelas eksperimen degan taraf signifikansinya 0,000 < 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan strategi pembelajaran quantum dengan interaksi edukatif dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bengkalis._____________________Kata kunci: Strategi Pembelajaran Quantum, Interaksi Edukatif, Hasil Belajar AbstractBased on the preliminary observations, learning strategies used in fiqh subject at Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bengkalis are traditional and rigid, so students only listen, see, and write what is instructed by the teacher in front of the class. The problem of this study is about the effect of using quantum learning strategy on students’ educational interaction and learning outcome in Fiqh subject at Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bengkalis. This research was quasi experimental pre-test and post-test control group design. The subjects were all students in grade VII E and F. Quantum learning strategy was used on experimental (n = 32), and a control group (n = 32) using non quantum learning strategy. The result of paired sample t-test showed that there was an effect of significant difference of educational interaction and student learning outcome before and after using quantum learning strategy in the experimental group with significance of 0,000 < 0.05. Thus, there was a significant influence of using quantum learning strategy on students’ educational interaction and learning outcome in learning Fiqh at Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bengkalis._____________________Keywords: Quantum Learning Strategy, Educational