PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI UPAYA MENGOPTIMALKAN HASIL BELAJAR SISWA

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti mengembangkan media pembelajaran IPA dengan menggunakan teknologi augmented reality. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Hasil pengembangan dalam penelitian ini telah tervalidasi dengan 9 orang ahli yang meliputi ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran, ahli bahasa, dan praktisi pendidikan. Berdasarkan validasi para ahli diperoleh bahwa media yang telah dikembangkan valid dengan nilai aiken 0,9528. Didapatkan penilaian guru dan peserta didik diperoleh persentase sebesar 92,71 berasal dari guru dan 88,07 dari peserta didik, dengan demikian hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memperoleh kategori sangat baik dan layak untuk diterapkan dalam pembelajaran. Selain itu, hasil uji coba juga menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dapat, afektif secara optimal meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPA.