MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERCERITA MELALUI MEDIA HAND PUPPET (BONEKA TANGAN) SISWA SMP NEGERI 1 RANCAEKEK

Abstract

Tujuan penelitian ini merupakan buat tingkatkan hasil berlatih pelajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Narasi Cerita binatang memakai tata cara menceritakan lewat alat Boneka Tangan. Tipe penelitian ini merupakan Penelitian Aksi Kategori dengan tata cara kegiatan golongan serta perlengkapan peraga boneka tangan( hand puppet). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus mencakup pemograman, penerapan, pemantauan serta refleksi. Subyek penelitian ini merupakan pelajar kategori VII- A SMP Negara 1 Rancaekek Kabupaten Bandung tahun pelajaran 2016- 2017 beberapa 33 pelajar. Pengumpulan informasi dalam penelitian ini memakai metode uji serta pemantauan dengan metode analisa cerita yang mencakup penyajian informasi serta pencabutan kesimpulan. Bersumber pada hasil penelitian terjalin ekskalasi hasil berlatih pelajar ialah dari 37% pra siklus, bertambah jadi 63% pada siklus I serta 93% pada siklus II. Kenaikan angka minimun dari 40 pada pra siklus, jadi 50 pada siklus I, serta jadi 70 pada siklus II. Kenaikan angka maksimum dari 80 pada pra aksi, jadi 90 pada siklus II serta jadi 100 pada siklus II. Ada pula ekskalasi angka pada umumnya kategori bila pada pra siklus angka pada umumnya yang digapai merupakan 67, 4 kemudian bertambah jadi 71, 6 pada siklus I serta jadi 81, 8 pada siklus II. Dengan begitu bisa disimpulkan kalau dengan memakai tata cara menceritakan lewat alat Hand Puppet bisa tingkatkan hasil berlatih  Bahasa Indonesia materi Cerita Fabel siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Rancaekek Kabupaten Bandung tahun pelajaran 2016-2017. The purpose of this research is to improve the results of the practice of students in upgrading Indonesian. Narrative material Animal stories use the way of telling stories through hand puppets. This type of research is a Category Action Research with group activity procedures and hand puppet props. This research was conducted in 2 cycles, each cycle covering programming, application, monitoring and reflection. The subjects of this study were students of the VII-A category of SMP Negara 1 Rancaekek Bandung Regency in the 2016-2017 school year some 33 students. Collecting information in this study uses test methods and monitoring with story analysis methods that include presenting information and drawing conclusions. Based on the research results, the escalation of students' training results was from 37% pre-cycle, increased to 63% in cycle I and 93% in cycle II. The increase in the minimum number is from 40 in the pre-cycle, to 50 in the first cycle, and to 70 in the second cycle. Increase in the maximum number from 80 in pre-action, to 90 in cycle II and to 100 in cycle II. There is also an escalation of numbers in general categories if in the pre-cycle the number reached is 67.4 then increases to 71.6 in cycle I and becomes 81.8 in cycle II. That way it can be concluded that by using the method of telling through the Hand Puppet tool, it can improve the results of practicing Indonesian Language Fable Story material for VII-A grade students of SMP Negeri 1 Rancaekek, Bandung Regency, 2016-2017.