MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP VOLUME KUBUS DAN BALOK MELALUI PEMBUATAN BANGUN RUANG 3D GEOGEBRA

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian Best Practice ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep volume kubus dan balok melalui pembuatan bangun ruang 3D GeoGebra pada siswa kelas 5 SDN 02 Kepahiang. Metode penelitian yang digunakan adalah  jenis penelitian analisis deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas 5C SDN 02 Kepahiang, dengan jumlah siswa 34 orang, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan tanggal 15 Januari 2019. Teknik pengumpulan data diperoleh dari data tes akhir dan data hasil observasi lapangan. Teknik analisis data dengan  cara mengolah dan menganalisis data tes akhir dan data hasil observasi secara deskriptif dengan rubrik dan penskoran yang telah ditentukan untuk mengetahui keberhasilan dan kekurangan saat proses pembelajaran. Dari pelaksanaan tindakan dan hasil analisis data diperoleh hasil penilaian aspek pengetahuan nilai rata-rata kelasnya adalah 92, dan persentase ketuntasan belajarnya adalah 91%. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar dinyatakan berhasil karena menurut Kurikulum Satuan Pendidikan SDN 02 Kepahiang persentase ketuntasan belajar secara klasikal dinyatakan tuntas apabila telah mencapai 75% dari jumlah siswa mendapat nilai ≥70. Secara umum hasil analisis penilaian sikap, dan keterampilan mulai berkembang dimana siswa telah memperlihatkan perilaku yang diharapkan. Berdasarkan analisis data dan hasil penilaian dapat disimpulkan bahwa pembuatan bangun ruang 3D pada aplikasi GeoGebra dapat meningkatkan pemahaman konsep volume kubus dan balok pada siswa kelas 5 SDN 02 Kepahiang.The purpose of implementing this Best Practice research is to improve understanding of the volume concept of cubes and blocks through the creation of 3D GeoGebra spaces for 5th grade students of SDN 02 Kepahiang. The research method used was descriptive analysis research with the research subjects of grade 5C SDN 02 Kepahiang, with a total of 34 students, consisting of 18 male students and 16 female students. This research was conducted on January 15, 2019. Data collection techniques were obtained from final test data and field observation data. The data analysis technique is by processing and analyzing the final test data and the observation result data descriptively with predetermined rubrics and scoring to determine the successes and weaknesses during the learning process. From the implementation of the action and the results of the data analysis, it was found that the assessment of the knowledge aspect the class average score was 92, and the percentage of completeness in learning was 91%. This shows that learning completeness is declared successful because according to the SDN 02 Kepahiang Education Unit Curriculum the percentage of classical learning completeness is declared complete when 75% of the total students score ≥70. In general, the results of the analysis of attitude assessment and skills begin to develop where students have shown the expected behavior. Based on data analysis and the results of the assessment, it can be concluded that making 3D spatial shapes in the GeoGebra application can improve understanding of the volume concept of cubes and blocks in grade 5 SDN 02 Kepahiang students.