PEMANFAATAN MEDIA PASIR DAN TALI KOOR UNTUK MENEMUKAN RUMUS VOLUME DAN LUAS PERMUKAAN BOLA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Abstract

Penelitian ini bertujuanĀ  memaparkan pemanfaatan media pasir dan tali koor dalam pembelajaran Matematika, khususnya materi menentukan rumus volume dan luas permukaan bola. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif, yaitu penelitian yang mencoba menggambarkan situasi yang terjadi pada objek penelitian jika diberikan suatu perlakuan. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus dengan subjek penelitian siswa yang berjumlah 27 siswa. Hasil penelitian tindakan kelas di kelas IXH MTsN Malang I, menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika. Peningkatan tersebut antara lain adanya perbedaan antara nilai awal dengan nilai akhir. Pada tes awal nilai minimum 25, nilai tertinggi 90 dan nilai rata-rata 75,6. Setelah perlakuan dengan menerapkan pembelajaran kontekstual, terjadi peningkatan. Pada tes akhir, nilai minimum 60, nilai tertinggi 95 dan nilai rata-rata 83,9.This study aims to describe the use of sand media and choir in Mathematics learning, especially the material for determining the volume formula and surface area of a ball. This research includes classroom action research with a descriptive approach, namely research that tries to describe the situation that occurs in the object of research if given a treatment. This study consisted of three cycles with student research subjects totaling 27 students. The results of classroom action research in class IXH MTsN Malang I indicated an increase in students' ability in solving math problems. This increase included the difference between the initial and final values. On the initial test the minimum score was 25, the highest score was 90 and the mean score was 75.6. After treatment by applying contextual learning, there was an increase. On the final test, the minimum score was 60, the highest score was 95 and the mean score was 83.9.