PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI PERDAGANGAN INTERNASIONAL UNTUK SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Pembelajaran konvensional memiliki kelemahan dalam pembelajaran, yaitu kurang adanya timbal balik guru dengan siswa atau komunikasi antar siswa itu sendiri. Pembelajaran STAD menjadi salah satu pilihan alternatif untuk menumbuhkan kesadaran siswa sehingga dapat berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah. Jenis pendekatan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas XI SMP Negeri 1 Sampit. Terdapat peningkatan prestasi belajar siswa kelas IX dengan ketuntasan klasikal melebihi 90% dan nilai rata-rata kelas melebihi KKM sebesar 77. Siswa senang belajar kelompok model STAD disebabkan dapat bekerjasama dalam menyelesaikan masalah, tidak malu bertanya, lebih akrab dan suasana tidak menegangkan. This study aims to describe the application of the STAD learning model to improve student achievement. Conventional learning has weaknesses in learning, namely the lack of reciprocity between teachers and students or communication between students themselves. STAD learning is one of the alternative options to foster student awareness so that they can think critically in solving problems. This type of research approach is classroom action research with research subjects of class XI SMP Negeri 1 Sampit. There is an increase in the learning achievement of class IX students with classical completeness exceeding 90% and the class average score exceeding the KKM of 77. Students enjoy learning the STAD model group because they can work together in solving problems, are not ashamed to ask questions, are more familiar and the atmosphere is not tense.