PENERAPAN PENILAIAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA MANDIRI DAN HASIL BELAJAR MAPEL PRAKARYA MATERI PENGOLAHAN HASIL PETERNAKAN DAN PERIKANAN DI MTSN 1 BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan penilaian berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan kerja mandiri dan hasil belajar mata pelajaran prakarya materi pengolahan hasil peternakan dan perikanan di MTsN 1 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dimaksudkan untuk mengatasi permasalahan yang ada di kelas dengan menerapkan penilaian berbasis proyek, kemudian melakukan refleksi terhadap hasil tindakan. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan, setiap siklus dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan yang berupa pengolahan, dan tahap pelaporan yang berupa presentasi hasil pengolahan yang diakhiri dengan test . Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IXG di MTsN 1 Bantul . Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh selama penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dengan cara kategorisasi/penggolongan meliputi reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran prakarya dengan menerapkan penilaian berbasis proyek dapat meningkatkan kemampuan kerja mandiri dan hasil belajar. Hal itu ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan kerja mandiri siswa dari 66,5%, pada siklus I menjadi 97,25% pada siklus II. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 76,5% sebelum tindakan menjadi 77,4 pada siklus I dan menjadi 81,8 pada siklus II. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan penilaian berbasis proyek dapat meningkatkan kemampuan kerja mandiri dan hasil belajar siswa mapel prakarya materi pengolahan hasil peternakan dan perikanan.