PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN “InEL WeS GoBlog BerMasalah” : MENUJU PENINGKATAN MUTU GURU DAN SISWA PINTAR MEMECAHKAN MASALAH
Abstract
Proses seleksi siswa baru dengan kondisi baik pengetahuan maupun skill yang tidak sama dan mempunyai latar belakang dari SMP yang berbeda, maka tidak serta merta siswa cakap dalam pembelajaran produktif khususnya di tingkat SMK. Ketidaksamaan persepsi dalam pembelajaran tentunya membuat pendidik harus kreatif dan inovatif dalam memilih dan memilah metode atau strategi pembelajaran. Langkah konkret dalam implementasi strategi pemecahan masalah atau dalam penerapan strategi “InEl WeS GoBlog BerMasalah” adalah untuk meningkatkan dan mengoptimalkan minat dan partisipatif aktif siswa, masalah cara memecahkan cording dan prestasi pemrograman web dengan menggunakan program HTML dan CSS sehingga menjadi PINTAR memecahkan masalah cording pelajaran pemrograman web dasar pada program keahlian Multimedia. Meskipun demikian, secara keseluruhan hasil yang diperoleh siswa sudah jauh lebih baik. Nilai yang diperoleh siswa meningkat rata-rata 34 point dari rata-rata 53 menjadi rata-rata 87, dan nilai tersebut di atas KKM/SPM, sehingga siswa dinyatakan tuntas. Perubahan yang terjadi pada aktivitas siswa tersebut sudah dapat membuktikan bahwa strategi pembelajaran “InEl WeS GoBlog BerMasalah” ini cukup efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa, terutama mata pelajaran pemrograman web dasar yang berhubungan dengan cording. Dengan demikian dampak yang ditimbulkan dari penerapan strategi pembelajaran ini adalah adanya peningkatan capaian SPM, meningkatnya minat dan semangat partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran serta kemampuan memecahkan masalah dalam mendeskripsikan desain web, content web, dan coding.