PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PENGINPUTAN PENILAIAN E-RAPORT MELALUI PELATIHAN TIK DI SMP NEGERI 1 KERTASARI

Abstract

Penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Sekolah yang dilaksanakan 2 siklus, topik penelitian yakni para guru SMPN 1 Kertasari sejumlah 33 guru. Diperoleh informasi awal jika guru belum sanggup dalam penginputan penilaian E- Raport. Informasi penelitian tindakan sekolah yang didapat dari hasil pemantauan tindakan guru dalam praktek penginputan penilaian e- raport pada siklus I, hasilnya tercantum katagori“ baik” dengan pada umumnya aspek 1 yakni 2, aspek 2 yakni 2, aspek 3 yakni 1, 75, serta aspek 4 yakni 1. Perihal ini membuktikan kalau kompetensi guru dalam penginputan penilaian e- raport telah bagus, akan tetapi perlu peningkatan. Dengan terdapatnya hasil pemantauan serta penilaian pada siklus I hingga peneliti melaksanakan refleksi. Dari refleksi kepada semua aktivitas pada siklus I, hingga ditemui sebagian hambatan yang menyebabkan belum optimalnya kompetensi guru dalam penginputan penilaian e- raport. Informasi yang didapat dari pemantauan guru pada siklus II, sehabis dianalisis terdapat kenaikan kearah koreksi ialah terletak pada katagori“ amat bagus”, dengan pada umumnya angka pada pandangan 1 ialah 3, pada pandangan 2 ialah 3, pada pandangan 3 ialah 2, 75, pada pandangan 4 ialah 2. Sebaliknya kompetensi guru dalam penginputan penilaian e- raport, masing- masing serta terdapat kenaikan yang ke arah yang lebih baik adalah: penilaian praktek penginputan penilaian e- raport terletak pada katagori“ sangat baik”. Dengan melihat hasil pada siklus II, maka refleksi terhadap hasil yang didapat peneliti pada siklus II ini merupakan terdapatnya kenaikan kompetensi guru dalam penginputan penilaian e- raport. Perihal ini dibuktikan dengan nilai pada umumnya yang didapat dalam penilaian hasil praktek penginputan penilaian e- raport. Dari seluruh guru 100% telah meraih kriteria yang diresmikan.This research is a school action research conducted in two cycles, the research subjects are 33 teachers of SMP 1 Kertasari. Initial data were obtained that the teacher had not been able to input the e-raport assessment. School action research data obtained from observations of teacher attitudes in the practice of inputting the e-raport assessment in cycle I, the results were categorized as "good" with average value first aspect 2, second aspect 2, third aspect 1.75, and fourth aspect 1. This indicates that the teacher competences in inputting e-raport is good, but needs improvement. The results of observations and assessments in cycle I reflected by the researcher. It’s found some resistance that the resulted is not optimal in inputting e-raport assessments. The data obtained from teacher observations in cycle II, after being analyzed there was an improvement become "very good" category, with the average value in first aspect 3, second aspect 3, third aspect 3 2.75, fourth aspect 2. The teacher competences in inputting e-raport assessments, each of them also has increased to be better. The assessment of inputting practice of e-raport is in the "very good" category. Based on the results in cycle II, the researcher has congcluded that the teacher competences in inputting e-raport has been increased. It’s proven by the average value in the assessment results of the practice inputting e-raport. From all teachers 100% has reached the specified criterias.