PENUNTUN PRAKTIKUM IPA MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI SPARKOL VIDEOSCRIBE BERBASIS 4.0 UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN HOTS

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melatihkan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS), melalui kegiatan praktikum IPA dengan menggunakan penuntun praktikum animasi sparkol videoscribe. Penggunaan penuntun praktikum dengan animasi sparkol videoscribe sesuai dengan tuntutan pembelajaran di era pembelajaran 4.0 dan keseharian siswa yang lekat dengan dunia digital. Penuntun praktikum IPA dengan animasi sparkol videosribe dirancang dengan langkah pembimbingan dari mulai merancang praktikum dan melaporkan praktikum dengan langkah HOTS. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah rubrik penilaian laporan. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan materi pembelajaran Suhu dan perubahannya.Target dari penelitian adalah sebanyak 60% siswa mendapatkan skor dengan kategori sangat baik pada 3 aspek HOTS dari hasil laporan praktikum siswa. Melatihkan keterampilan HOTS dengan penuntun praktikum IPA menggunakan animasi sparkol videoscribe berbasis pembelajaran 4.0 dapat meningkatkan keterampilan HOTS siswa pada laporan praktikum. Dari 32 orang siswa, terjadi peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 hasil telaah laporan praktikum siswa pada kategori yang sangat baik untuk keterampilan HOTSnya pada pada aspek Kelengkapan dan Ketepatan Bagian Laporan dari 18 siswa (56,25%) menjadi 25 siswa (78,13%),  pada aspek Kesesuaian hasil pengamatan dan pembahasan dari 17  siswa (53,13%) menjadi 23 siswa (71,88%) dan aspek kesimpulan dari dari 17 siswa (53,13%)  menjadi 25 siswa (78,13%).