PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK DENGAN MEMANFAATKAN FITUR RUMAH BELAJAR PADA PADA MATA PELAJARAN IPA

Abstract

Adanya Virus corona covid-19 yang sudah mewabah hampir seluruh negara termasuk Indonesia telah membawa perubahan yang mendesak pada berbagai sektor, demikian juga dengan sektor Pendidikan.  Tanpa terkecuali sektor ini  juga telah terdampak dengan adanya virus covid-19, akibatnya terjadi berbagai perubahan dalam sektor Pendidikan, perubahan ini terjadi sebagai upaya dalam mengurangi penyebaran virus covid-19, Adapun peybahan mendasar yang terjadi antara lain adalah perubahan model pembelajaran yang semula dilaksanakan secara tatap muka, maka dengan adanya virus covid-19 berubah menjadi pembelajaran di rumah atau pembelajaran jarak jauh (online).   Sejak diberlakukannya pembelajaran online pada awal bulan Maret sampai saat ini jika dihitung kira-kira sudah berlangsung selama hampir 7 bulan , merupakan waktu yang waktu yang cukup  lama  bagi anak-anak termasuk juga bagi guru, hal ini telah menimbulkan berbagai masalah dalam proses pembelajaran, menurunnya motivasi belajar siswa merupakan salah satu  masalah yang  telah dihadapi hampir semua guru dan di semua jenjang Pendidikan.   Oleh karena itu diperlukan adanya solusi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran saat ini. Motivasi belajar siswa sangat penting agar hasil belajar siswa dapat meningkat.   Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan media pembelajaran  e-book dengan memanfaatkan fitur rumah belajar  yang digunakan dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan  penelitian jenis R & D (Research and Development) yang merupakan penelitian pengembangan. Prosedur penelitian  adalah mengunakan model Borg and Gall dengan menggunakan 8 tahap dari 10 tahap, yaitu: 1) Observasi Analisis kebutuhan, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Produk, 5) Revisi Produk, 6) Uji coba Produk, 7) Revisi Akhir, 8) Penyebarluasan (Sugiyono, 2010). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ini yaitu menggunakan lembar validasi, lembar observasi dan lembar angket. Media pembelajaran e-book dengan memanfaatkan fitur rumah belajar  yang di kembangkan bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa  yang mulai menurun sebagai akibat  pandemi virus covid 19. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Pandaan siswa kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September - Oktober. Dalam penelitian ini subjek yang digunakan  adalah  siswa kelas VIII I SMP Negeri 1 Pandaan. Sementara Istrumen penelitian  yang digunakan berupa  angket uji kelayakan oleh Ahli media, Ahli Materi, dan Angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut : 1) Berdasarkan validasi penilaian ahli materi diperoleh skor rata-rata 3,875 yaitu berada pada kategori “Baik”. Hasil validasi ahli media diperoleh skor rata-rata 3,75 yaitu pada kategori “Baik”. Sementara Validasi ahli bahasa diperoleh skor rata-rata 3,875 yaitu berada pada kategori “Baik”. Untuk hasil uji coba skala kecil respon peserta didik diperoleh  skor 4,25  yaitu pada kriteria “Sangat Baik”, dan sedangkan pada uji coba skala besar respon peserta didik memperoleh skor rata-rata 4,10 yaitu pada kriteria “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil tersebut  dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-book dengan memanfaatkan fitur rumah belajar  berada dalam kategori baik dan dapat digunakan pada pembelajaran IPA secara daring siswa  VIII I SMP N 1 Pandaan