PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES DAN NONEXAMPLES PADA SISWA MA NEGERI 2 KOTA MALANG

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan efektivitas model pembelajaran Examples dan Nonexamples  pada pembelajaran Bahasa Arab. Adanya pembiasaan terhadap tugas dan latihan dapat membuat siswa lebih terlatih sehingga deiperoleh nilai yang lebih baik dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian dipeoleh simpulan bahwa penerapan Model Pembelajaran Examples dan Nonexamples   pada pelajaran Bahasa Arab  materi menulis paragraf  narasi  mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat pada penerapan model Pembelajaran Examples dan Nonexamples memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN 2 Kota Malang   yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu 62,22% , 69,74%, dan 82,96%.This study aims to describe the application and effectiveness of the Examples and Nonexamples learning model in Arabic learning. The existence of habituation to assignments and exercises can make students more trained so that they get better grades in learning activities. The results of the research concluded that the application of the Examples and Nonexamples Learning Model in Arabic lessons on writing narrative paragraphs had a positive effect, which was to improve student achievement. This can be seen in the application of the Examples and Nonexamples Learning models having a positive impact in improving student achievement in MAN 2 Malang City which is marked by an increase in student learning completeness in each cycle, namely 62.22%, 69.74%, and 82.96 %.