PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING

Abstract

Tujuan penelitian ini memaparkan peningkatan hasil pembelajaran Aqidah Akhlak melalui pendekatan problem based learning.Pendekatan problem based learning dianggap mampu membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran di kelas. Dengan demikian, hasil belajar siswa dalam pembelajaran tersebut bisa mengalami peningkatan. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada pendekatan spiral, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan pemikiran kembali. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan dalam aktivitas listening dari 86% menjadi 88%, oral dari 45% menjadi 61%, emotional dari 65% menjadi 84%, visual dari 35% menjadi 78%, writing dari 65% menjadi 73%, motor dari 39% menjadi 69%, dan mental dari 66% menjadi 68%. The purpose of this study is to describe the improvement of Aqidah Akhlak learning outcomes through a problem based learning approach. The problem based learning approach is considered capable of making students more active in class learning. Thus, student learning outcomes in learning can experience an increase. This research method is Classroom Action Research (PTK) which refers to the spiral approach, namely planning, implementing, observing, and rethinking. The subjects of this study were students in grade V. The results showed an increase in listening activity from 86% to 88%, oral from 45% to 61%, emotional from 65% to 84%, visual from 35% to 78%, writing from 65 % to 73%, motoric from 39% to 69%, and mental from 66% to 68%.