Penerapan Model Role Playing dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan ditemukan bahwa model pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran Aqidah Akhlak belum memberikan dampak yang signifikan, oleh karenanya diperlukan penerapan model pembelajaran yang baru dan mampu memberikan sumbangsih terhadap pembelajaran Aqidah Akhlak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model role playing dalam pembelajaran Aqidah Akhlak.. Berdasarkan filosofi Pendidikan, penerapan model role playing harus bersifat outentik, inovatif dan inspiratif. Melalui penerapan model role playing peserta didik diharapkan memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperlukan untuk dapat mencapai hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan observasi, angket, tes, studi kepustakaan dan dokumentasi. Sedangkan analisis data digunakan yaitu uji statistik. Penelitian ini menemukan bahwa penerapan model pembelejaran role playing pada pembelajaran Aqidah Akhlak pada peserta didik diperoleh rata-ratanya secara keseluruhan yaitu 4.68, angka ini menunjukkan kualifikasi sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran role playing sangat tepat untuk diimplementasikan dalam pembelajaran Aqidah Akhlak.